Teori Dasar dan Membuat Gambar RGB Dengan MATLAB

Gambar merupakan objek yang lebih mudah diolah, karena lebih kuat terhadap noise. Jika ada noise pada gambar, objek yang terlihat tidak terlalu berubah banyak dari awal, masih dapat terlihat aslinya.
 
Format gambar digital antara lain, JPEG (Joint Photographic Experts Group), BMP (Bitmap), GIF (Graphics Interchange Format), PNG (Portable Network Graphics).
 
Gambar sederhana misalnya bendera merah putih dapat dibuat dengan perangkat lunak MATLAB. Gambar tersebut merupakan gambar berwarna RGB yang memiliki dua dimensi dan tiga channel.

Contoh kodingan di MATLAB untuk membuat gambar berukuran 300 piksel x 300 piksel berwarna hitam :

gbr1 = zeros(300,300);   //beri piksel bernilai 0 pada semua   layer sebanyak x=300 dan y=300
imshow(gbr1);                //tampilkan gambar 

Hasilnya sebagai berikut :

Gambar 1. RGB Warna Hitam Ukuran 300 x 300
Membuat gambar lain dengan warna berbeda dapat dilakukan dengan memberikan nilai piksel yang berbeda pada ketiga layer berbeda (R, G, B berbeda). Gambar berwarna hijau didapat dari memberikan nilai 0 pada layer pertama (R), nilai 1 pada layer kedua (G), dan nilai 0 pada layer ketiga (B). Kodingan pada MATLAB sebagai berikut :

Lh = ones(300,300);
Lm = ones(300,300);
Lb = ones(300,300);
LH0= zeros(300,300);
LM0= zeros(300,300);
LB0= zeros(300,300);
hijau(:,:,1) = LM0;          //layer pertama bernilai 0 (LM0)
hijau(:,:,2) = Lh;             //layer kedua bernilai 1 (Lh)
hijau(:,:,3) = LB0;          //layer ketiga bernilai 0 (LB0)
figure,imshow(hijau);

Hasilnya sebagai berikut :
 
Gambar 2. RGB Warna Hijau Ukuran 300 x 300

 Jika ingin warna lainnya bisa dilihat dari tabel kolom warna RGB berikut :


MERAH
KUNING
HIJAU
BIRU
CYAN
MAGENTA
HITAM
PUTIH
R
1
1
0
0
0
1
0
1
G
0
1
1
0
1
0
0
1
B
0
0
0
1
1
1
0
1

Gambar bendera merah putih dapat didapat dengan kodingan berikut :

bendera(:,:,1) = Lm;
bendera(:,:,2) = LH0;
bendera(:,:,3) = LB0;
bendera(151:300,1:300,1) = ones(150,300);
bendera(151:300,1:300,2) = ones(150,300);
bendera(151:300,1:300,3) = ones(150,300);
figure,imshow(bendera);

Dimana perintah :

bendera(151:300,1:300,1) = ones(150,300);
bendera(151:300,1:300,2) = ones(150,300);
bendera(151:300,1:300,3) = ones(150,300);

(1) : Berikan nilai 1 dengan jumlah pada x = 150 dan y = 300. Pada x ke 151 sampai dengan 300, dan y ke 1 sampai dengan 300 dalam layer pertama, layer kedua, dan layer ketiga. 

Pada kodingan diatas, dibuat gambar berwarna merah sebesar 300 piksel x 300 piksel dan ditimpa dengan gambar berwarna putih sebesar setangah kali ukuran gambar 300 piksel x 300 piksel. 

Hasilnya sebagai berikut :
Gambar 3. RGB Warna Merah dan Putih (Bendera Indonesia)


Comments

Popular posts from this blog

Menampilkan Sinyal Menggunakan MATLAB

Pengolahan Sinyal Digital - Teori Dasar

Belajar Arduino - Menyalakan Lampu LED