[Tugas 2 - Jaringan Komputer] Praktikum Jaringan LAN Menggunakan Packet Tracert

1. Review
Pengertian Jaringan ...
Jaringan komputer dapat dikatakan sebagai himpunan perangkat komputer dan perangkat jaringan yang saling terhubung satu sama lain.
Jaringan Menurut Wilayah ...
Menurut cakupan jaringan komputer terbagi menjadi LAN, MAN, dan WAN. LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang berada dalam rentang 1 km sebagai contoh jaringan LAN pada lab Administrasi Jaringan. WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan LAN yang berbeda lokasi dan saling terhubung membentuk jaringan besar bahkan mencakup antar benua, contoh jaringan antar cabang bank yang berbeda lokasi. MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan yang sama dengan LAN namun memiliki jarak lebih luas, mencapai 50 KM.
Metode Pengiriman Data Pada Jaringan ...
Komputer dapat saling terhubung karena ada metode. Ada dua metode yang dikenal, yaitu layer OSI dan layer TCP/IP. Layer OSI menggambarkan komunikasi data secara konsep, yaitu bagaimana tahap-demi-tahap data dikirim dari komputer satu hingga data diterima oleh komputer tujuan. Untuk penerapannya secara riil, komunikasi antar komputer dijelaskan pada layer TCP/IP.
Layer OSI terdiri dari tujuh layer, yaitu :

Physical Layer ...
Layer ini berhubungan dengan media fisik jaringan, yaitu bagaimana data analog dan data digital diterjemahkan supaya dapat dikirim melalui media transmisi jaringan. Adapun media transmisi ada tiga, yaitu kabel (Tembaga (Coaxial) maupun Ethernet (UTP maupun STP)), media udara berupa gelombang elektromagnet (WiFi), dan media pulsa cahaya (Fiber Optik). Data yang diolah pada layer ini berupa bit data yang kemudian diubah ke byte untuk ditransfer ke layer selanjutnya.


Data analog dikomposit untuk mendekati bentuk sinyal kotak agar dapat diterjemahkan menjadi data digital. Mengkomposit data analog dilakukan dengan memperbesar frekuensi data sebanyak minimal 2x dari dari data asli. Semakin besar komposit data yang dilakukan maka data komposit semakin mendekati data asli.


Bandwidth analog adalah kemampuan medium untuk melakukan pensinyalan frekuensi tinggi ke frekuensi rendah. Bandwidth digital adalah kemampuan medium untuk melakukan sinyal bits rendah ke bit tinggi. Bit rate adalah banyak nilai bit setiap satu detik.


Data Link Layer ...
Layer ini berfungsi untuk mengorganisasi byte data untuk dijadikan bitframe, melakukan error detection pada bitframe, dan pengalamatan hardware. Alamat pada hardware biasa disebut MAC Address (Media Access Control) alamat ini terdiri atas 12 bit hexadecimal. Dimana 6 bit berisi kode vendor dan 6 bit lainnya adalah kode perangkat.




Frame berisi header, data, dan Frame Check Sequence (trailer). Header adalah bit informasi alamat tujuan dan alamat asal pengirim. Trailer adalah bit informasi untuk pengecekan apakah data yang diterima valid atau tidak (error detection).


Network Layer ...
Layer ini berfungsi  membawa data untuk dikirim ke tujuan dengan memilih jalur terbaik. Data pada layer ini dikenal sebagai paket. Layer Network mengenal network address atau alamat IP (Internet Protocol).

IP Address dibagi menjadi dua versi yaitu IP address versi 4 dan IP address versi 6. IPv4 lebih banyak dikenal, IP address ini terdiri dari 32 bit biner dan dibagi menjadi empat octet dan diubah menjadi bilangan desimal agar mudah dihafal. Karena dibagi menjadi empat octet masing-masing dapat bernilai desimal maksimal 255. Sedangkan IPv6 terdiri dari 128 bit.



Transport Layer ...
Layer ini bertanggung jawab terhadap bagaimana metode pengiriman data dilakukan. Terdapat dua metode pengiriman data yang biasa dikenal, yaitu Connection-Oriented yang melakukan koneksi dulu kepada alamat tujuan untuk memastikan alamat benar. Adanya pertukaran data setelah dipastikan bahwa alamat tujuan valid, jika alamat yang dituju salah maka data tidak teruskan.  Metode ini menggunakan TCP (Transmission Control Protocol). Data pada layer ini dikenal sebagai segment.

Connectionless-Oriented adalah metode pengiriman data tanpa ada pengecekan/koneksi ke alamat tujuan. Data tetap akan dikirim walau data sampai ke tempat tujuan yang salah. Jika data sampai ke alamat yang salah maka data akan dibuang. Data pada layer ini dikenal sebagai datagram.

Session Layer ...
Layer ini berfungsi untuk operasi sesi koneksi yang sedang berlangsung dan melakukan pemisahan data antar aplikasi. Sebagai contoh, pada web browser : user dapat melakukan beberapa  pekerjaan pada web browser dengan beberapa tab, data masing-masing tab akan berjalan sesuai dengan perintah yang diberikan, data berbeda-beda namun tidak akan tertukar dan masing-masing tab dapat berjalan dengan baik.

Presentation Layer ...
Layer ini bertugas untuk mengatur bagaimana suatu data direpresentasikan. Contoh, file MPEG (Motion Picture Expert Group) dan GIF (Graphics Interchange Format) ketika berjalan, metode coding, format, dan kompresi data dari file tersebut diatur oleh Layer ini. 

Application Layer ...
Layer ini berkaitan dengan user interface. Contoh : HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang berjalan ketika user request pada web browser adalah implementasi layer ini. 

·         Berikut adalah ilustrasi bagaimana data diproses pada masing-masing layer :
 

2. Praktikum Simulasi Jaringan LAN Menggunakan Packet Tracert 

Jaringan LAN menggunakan switch sebagai penghubung antar komputer :



Jaringan LAN menggunakan hub sebagai penghubung antar computer :



Praktikum dilakukan dengan simulasi menggunakan Packet Tracer. Kedua gambar diatas adalah jaringan LAN menggunakan topologi star. Jaringan LAN tersebut terdiri dari tiga buah computer yang dihubungan menggunakan dua perangkat berbeda, yaitu switch dan hub.

Perbedaan kerja switch dan hub ialah data akan dikirim dan diterima hanya kepada komputer tujuan ketika menggunakan switch, adapun menggunakan hub data akan diteruskan ke semua komputer atau dengan kata lain hub hanya meneruskan data tanpa tahu apakah data sampai ke komputer tujuan saja atau tidak.

Konfigurasi jaringan LAN yaitu :
IP network = 192.168.1.0/24
IP host 1 = 192.168.1.2/24
IP host 2 = 192.168.1.3/24
IP host 3 = 192.168.1.4/24 

Comments

Popular posts from this blog

Menampilkan Sinyal Menggunakan MATLAB

Pengolahan Sinyal Digital - Teori Dasar

Belajar Arduino - Menyalakan Lampu LED