Yuk, Kenalan dengan Arduino Uno!

 Bismillahirrahmaanirrahiim.


        Arduino Uno, salah satu modul mikrokontroler yang sering digunakan di sekitar saya. Biasanya untuk belajar mengenal mikrokontroler dan penggunaannya. Alasannya karena mudah dipelajari terutama bagi saya yang awalnya buta dengan dunia robotika. Arduino Uno ini tidak sulit dijumpai di pasaran, baik secara toko yang ada wujudnya maupun di toko online.

        Baik Arduino Uno maupun mikrokontroler lainnya memiliki CPU (Central Processing Unit), memori, serta modul I/O. Umumnya berbentuk chip. Arduino Uno sendiri memiliki chip mikrokontroler ATmega 328. Sebanyak 14 pin digital input/output, 6 pin analog dapat digunakan untuk keperluan embedded system dari pengguna dan 16 MHz kristal untuk clocking eksternal. Menghubungkan Arduino Uno ke komputer dengan menggunakan kabel USB dan ICSP header untuk memprogram. Port jack untuk power, port USB, dan tombol reset pun disediakan.

        Berikut ini gambar dari papan Arduino :







       Arduino Uno tidak terlalu mahal, jika ingin lebih murah bisa membuat mikrokontroler sendiri (sistem minimum). Komponen dasar yang dibutuhkan serta rangkaian untuk membuat sismin ini bisa di gugling. Tidak hanya Arduino Uno saja, ada papan mikrokontroler lainnya dari Arduino yang khusus seperti Arduino GSM Shield, Arduino Ethernet Shield, Arduino WiFi Shield, Arduino Wireless SD Shield, serta Arduino Motor Shield. Kodingan dasar Arduino beserta keterangan lebihnya bisa dilihat di website resmi dari Arduino berikut : www.arduino.cc.
     Tak kenal maka ta'aruf. Selamat mengenal mikrokontroler. Selamat belajar dan berkarya :)



Sumber : http://arduino.cc/en/Main/arduinoBoardUno

Comments

  1. Sangat bermanfaat Ibu Irma, Terima kasih sudah sharing basic Arduino Unonya :)
    mampir juga yah ke toko arduino saya di Jual Arduino

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menampilkan Sinyal Menggunakan MATLAB

Pengolahan Sinyal Digital - Teori Dasar

Belajar Arduino - Menyalakan Lampu LED